Sunday, June 3, 2012

'Tujuh tewas' dalam kerusuhan terkait Suriah di Lebanon Tripoli

Penduduk Tripoli digambarkan asap mengepul dari bangunan dan tentara ditempatkan ke jalan-jalan di daerah yang terkena dampak untuk memadamkan kekerasan."Kami sedang ditargetkan karena kami mendukung orang-orang Suriah," satu Sunni penembak mengatakan kepada Associated Press televisi. "Kita dengan kalian [Suriah] dan tidak akan meninggalkan Anda," tambahnya. Pertempuran terkonsentrasi di Tripoli's Bab al-Tebbaneh distrik, komunitas Muslim kebanyakan Sunni dan lingkungan Alawite Jabal Mohsen pro-Damascus.

Setidaknya tujuh orang tewas dan lebih dari 20 terluka di Lebanon pelabuhan kota Tripoli, dalam pertempuran dikaitkan dengan kerusuhan di seberang perbatasan di Suriah. Pendukung dan penentang pemberontakan terhadap Presiden Assad Suriah bentrok dengan senapan dan rocket-propelled granat pada Sabtu malam.

Ketegangan di kota pelabuhan utara telah mount sejak Suriah Pemberontakan dimulai.


Beberapa bulan terakhir telah melihat peningkatan bentrokan antara kelompok-kelompok bersenjata Alawite dan Sunni pejuang di kota. Presiden Suriah Bashar al-Assad adalah Alawite, sementara para pendukung pemberontakan terhadap dirinya adalah terutama Sunni.

Di Suriah itu sendiri, oposisi aktivis melaporkan namun lebih banyak kekerasan. Dua warga sipil tewas - satu selama serangan Angkatan Darat di ibukota, Damaskus, dan satu lagi oleh tembakan di kota Homs. Observatorium Suriah berbasis di Inggris untuk hak asasi manusia juga mengatakan pemberontak telah membunuh enam tentara di Provinsi Selatan Deraa dan setidaknya delapan orang lain dalam bentrokan di pinggiran Damaskus.

'Ditargetkan'


Meskipun telah ada on-off bentrokan bersenjata di negara Tripoli distrik, Sabtu korban diyakini tertinggi dalam satu hari. Pada tanggal 14 Mei lima orang tewas dalam pertempuran serupa setelah ulama Sunni, Shadi al-Moulawi, ditangkap atas tuduhan terorisme. Para pendukungnya mengatakan ia ditahan karena ia membantu pengungsi Suriah.

Pada bulan Februari, dua meninggal ketika pendukung dan penentang Mr Assad berbenturan.

Komunitas di Lebanon telah berulang kali memperingatkan para pemimpin dari kemungkinan bahwa kekerasan di Suriah akan menumpahkan melintasi perbatasan. Lebanon sudah hosting ribu pengungsi Suriah.

Bulan lalu, 11 para peziarah Muslim Syiah Lebanon diculik, dilaporkan oleh Sunni splinter grup pemberontak di Suriah.


Pada hari Jumat, pemimpin gerakan Hizbullah Lebanon, Sheikh Hassan Nasrallah, menyerukan mereka rilis.

Sementara itu, UN perdamaian utusan Kofi Annan - di Doha untuk rapat dengan anggota Liga Arab - memperingatkan bahwa Suriah menyelinap dekat dengan habis-habisan perang dan mengatakan konflik di sana adalah mengembangkan dimensi sektarian mengkhawatirkan.

"Momok habis-habisan perang sipil, dengan dimensi sektarian mengkhawatirkan, tumbuh dari hari ke hari," kata Mr Annan.

Dia menambahkan bahwa krisis adalah sekarang di "tipping point", setelah pembantaian di Houla, di mana 108 orang tewas, banyak dari mereka perempuan dan anak-anak.

0 comments

Post a Comment

POPULER